Rabu, 25 Mei 2011

Makanan Tradisional Pakpak

Makanan Tradisional Suku Pakpak
Setiap daerah,etnis, suku dan lain lain sudah tentu mempunyai masakan atau makanan tradisional. Dalam tulisan ini saya akan membahas makanan tradisional/ masakan yang ada dalam suku Pakpak (Kalak Pakpak). Makanan tradisional dalam suku pakpak adalah sebagai berikut:
1. A. Pelleng
Pelleng adalah salah satu makanan khas yang sangat dikenal dalam masyrakat Pakpak. Acara makan Pelleng biasanya dilaksanakan saat akan mulai melaksanakan suatu pekerjaan, contohnya akan membuka lahan untuk perkebunan, atau lahan untuk bertani / bercocok tanam, saat seorang anak akan menempuh suatu ujian dalam pendidikannya, serta disaat seseorang akan pergi merantau dan pulang dari perantauan. Dalam masyarakat pakpak cara pengolahan makanan khas terdiri dari 2 macam. Yang pertama pelleng Simsim dan pelleng Keppas. Pada dasarnya bahan bahan yang digunakan untuk mengolah pelleng simsim dan pelleng keppas sama akan tetapi bentuk dan cara memasak dari bahan tersebut yang berbeda. Dalam tulisan ini saya akan menjelaskan cara mengolah pelleng Simsim karena saya adalag seorang brru pakpak dari suak simsim. Bahan bahan untuk mengolah/ memasak pelleng tersebut adalah sebagai berikut.
• Beras 1.5 kg
• Ayam Kampung 1.5 kg
• Air Secukupnya
• Bumbu
- Kunyit
- Jahe
- Kemiri
- Bawang merah
- Bawang putih
- Cabai
- Asam Cikala
- Daun Salam
- Serai
- Kelapa 2 buah
- Garam secukupnya

B. Cara Pengolahan
Cara pengolahan dari bahan bahan diatas yakni: beras ditanak seperti biasa, akan tetapi jumlah air untuk menanak lebih banyak dengan tujuan agar nasi lebih lunak, dan pada saat akan menanak nasinya dicampurkan sedikit dengan kunyit yang telah dhaluskan dengan tujuan agar warna kuning pada nasi tersebut merata nantinya. Selain nasi tersebut kita harus memasak bumbu lain untuk dicampur nantinya dengan nasi lunak yang telah ditanak. Bumbu tersebut terdiri dari air hasil perahan dari asam cikala yang sudah ditumbuk/dihaluskan, cabai,kunyit, jahe, bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan, serai dan daun salam. Senua bumbu ini ditumis beserta air asam cikala lalu diberi garam secukupnya. Setelah matang tumisan dan air cikala dicampur dengan nasi yang telah ditanak lalu ditumbuk hingga halus dan bumbu semuanya telah bercampur secara merata dengan nasi yang telah ditanak atau sudah dapat dikatakan Pelleng. Selain ini kita juga harus memasak ayam kampung sebagaimana caranya memasak ayam yang digulai pada umumnya. Lalu untuk melengkapi sajian Pelleng kita harus disertakan dengan tektek (tktk). Tektek ini terdiri dari ceker ayam dan sayap dari ayam kampung yang digulai, digoreng lalu dibumbui dengan cabai, kunyit,jahe kelapa ginseng lalu diberi garam secukupnya. Lalu pelleng yang sudah masak/campuran nasi lunak dengan bumbu dan air asam cikala masak, dibentuk dalam piring seperti membulat lalu diatas bulatan tersebut diletakkan tektek yang akan dilahap bersamaan dengan Pelleng. Nah sampai disini pelleng telah dapat dinikmati beserta gulai ayam kampung.

2. Ginaru Pote.
Bahan bahan dari ginaru Pote terdiri dari:
• Ubi Kayu
• Petai
• Air Secukupnya
• Bumbu terdiri dari:
• Kunyit
• Jahe
• Bawang Rambu/rumbai
• Cabai
• Daun salam
• Serai
• Garam secukupnya
Cara pengolahan dari ginaru pote adalah ubi ditanak hingga lunak, jumlah air juga diperbanyak pada saat memasak ubi, lalu dicampur dengan petai dan bumbu bumbu diatas yang telah dihaluskan, bawang rambu dipotong potong sesuai dengan selera lalu dicampur dengan ubi yang telah ditanak beserta bumbu bumbu lainnya lalu diberi garam secukupnya. Setelah bumbu merata dengan tanakan ubi dan telah matang diangkat dan siap untuk disajikan.

3. Ginaru Mmenning.
Menning adalah beras yang bentuknya sangat kecil,beras menning ini adalah hasil patahan patahan dari beras untuk dimakan sehari hari (apa ya bahasa Indonesia dari menning atau istilah dari menning itu). Bahan bahan Dari Ginaru menning ini adalah sebagai berikut:
• Beras Menning
• Daun labu, atau bayam
Dan bumbu dari ginaru menning ini sama dengan bumbu ginaru pote
Cara pengolahanya adalah; beras menning ditanak dengan jumlah air yang banyak lalu dicampur dengan bumbu yang telah dihaluskan dan daun labu serta diberi garam secukupnya.
4. Pinahpah (Domen)
Biasanya Pinahpah merupakan salah satu pelengkap adat dalam pesta pernikahan. Pinahpah terbuat dari padi yang direndam lalu digongsen dan ditumbuk menjadi pipih, dibersihkan (tapi) dan siap untuk dimakan.
5. Nditag
Nditag adalah makanan yang terdiri dari beras yang direndam, lalu digiling menjadi tepung beras, dicampur dengan gula merah dan kelapa yang diparut.
6. Ombus-Ombus
Ombus Ombus adalah nditag yang telah dicampur dengan gula merah dan kelapa dibungkus dengan daun pisang berbentuk segitiga, lalu dikukus sampai matang, dan siap untuk disajikan.
Saya menyadari bahwa tulisan ini belum sempurna, bagi rekan rekan yang mempunyai kritik, silahkan berikan komentar pada tulisan ini, atau kirimkan komentar anda ke alamat email: watiya_solin@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar